Kamis, 08 Januari 2015

Pengembangan pestisida organik dari tanaman obat & mikroorganisme

Pestisida organik merupakan hal penting yang perlu dikembangkan sebagai penunjang pesatnya pertanian organik disamping pupuk organik.  Tanpa pengembangan pestisida organik secara industri maka pengembangan pertanian organik secara besar-besaran tentu juga akan sulit. Potensi tanaman obat-obatan di Indonesia sangat memungkinkan menjadi bahan baku pestisida organik, namun teknologi pembuatan pestisida organik yang ada masih terbatas. Pestisida organik yang berkembang hanya bisa bertahan bagus dalam waktu sangat pendek, sehingga sulit jika akan dipasarkan secara luas.  Kelemahan ini yang menjadikan kendala pembuatan pestisida organik belum bisa berkembang pesat secara industri.
Mikroorganisme merupakan teknologi yang bisa menjadi salah satu solusi dari permasalahan tersebut, karena mikroorganisme ada yang bisa berfungsi sebagai pengawet, penambah energi maupun antibiotik alami.  Industri mikroorganisme di luar negeri sudah mulai berkembang dan digunakan untuk berbagai bidang, diantaranya pertanian dalam arti luas (tanaman, ternak & perikanan), bidang Lingkungan juga sudah berkembang.  Berbagai produk sudah banyak dikembangkan namun dari segi ilmiah masih lemah penelitian dan pengembangannya.  Ini membuat perkembangan industri mikroorganisme di dalam negeri ini sangat lambat.
            Bukti bahwa kekayaan mikroorganisme di Indonesia ini unggul adalah kenyataan yang terpancar dari kekayaan sumber alam Indonesia dari dalam bumi. Mulai kekayaan aneka tumbuhan, hewan dan tambang, yang semua itu tidak lepas dari keterkaitannya dengan tanah.  Tanah merupakan tempat berkembang biak mikroorganisme secara alami dan di dalam tanah terdapat berjenis jenis mikroorganisme yang bisa menyuburkan tanaman, menyediakan makanan bagi ikan bahkan bagi manusia. Dari aktivitas mikroorganisme kita mendapatkan berbagai keaneka ragaman hayati.
            Untuk itu sudah seharusnyalah dunia mikroorganisme Indonesia ini mulai dikembangkan secara industri agar bisa turut membantu perkembangan pertanian organik di Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya.  
Teknologi yang ramah lingkungan, berdasarkan pada prinsip prinsip alami namun juga menggunakan manajemen industri ini merupakan salah satu solusi yang akan ditawarkan dalam Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri (RAPID) yang bertujuan untuk mengembangkan pestisida organik dari tanaman obat & mikrooganisme skala industri.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar